Pesona Obama sihir dunia


Obama 08’… Hari gini, siapa yang tidak tahu dengan Senator Illinois muda itu. Semua media mengupas dan mengumbar calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat—hampir tiap hari ada saja pemberitaan tentang Obama. Puncaknya, adalah saat konvensi Partai Demokrat yang berakhir kemarin, Jumat (29/8).

Saya, tidak akan mengupas tentang siapa Obama, atau sepak terjang pria berumur kelahiran Honolulu 4 Agustus 1961 (karena saya bukan pengamat politik, atau ahli dibidang pemerintah dan segala macamnya…). Tapi, entah kenapa saya ingin saja di blog Renimaldini ini ada cerita tentang pria 47 yang pernah menetap di Jakarta, Solo itu (bukan karena ikut-ikutan…)

Jujur, Barack Obama baru saya tahu ketika lagi heboh-hebohnya pertarungan calon Presiden Amerika, antara Hillary Clinton dan Obama o8′. Dulu, saya pikir, siapa sih pria kulit hitam (tapi lumayan manis…he..he…). Eh, ternyata, dia adalah calon Presiden AS—yang berkulit hitam pertama kali. Salut!!!

Dan, kemudian, begitu banyak buku yang mengupas tentang Obama di toko buku. Dengan mudah buku tentang Obama bisa dijumpai di deretan buku terlaris. Atau betapa banyaknya, cerita tentang dia di google. Selanjutnya, bisa ditebak saya juga menjadi tertarik dengan Obama..(hebat Obama, bisa membuat dunia membicarakan tentang dia…)

Sekarang, Obama menjadi tokoh populer di Amerika Serikat dan bersaing ketat dengan John McCain—calon Presiden AS dari Partai Republik. Meski kepopuleran Obama melebihi McCian—tapi masih ada kekwatiran—apakah calon presiden kulit hitam ini akan bisa menang???. Secara, belum pernah dalam sejarah, bahwa negara adikdaya itu dipimpin dari kulit hitam

Karir politik lulusan Universitas Harvard ini terus melejit. Kemampuan berpolitiknya ditopang kemampuan retorika yang mempesona, kharisma yang berkobar dan senyum menawan. Itulah yang mungkin menjadi pesona Obama 08′.

Dan, ketika saya mencari di google akhirnya ketumu sedit tentang siapa sebenarnya Obama,. Dan di bawah ini cerita yang saya kutip dari http://www.rileks.com

Sebenarnya siapa sih Obama ?

Barack Hussein Obama, Jr, lahir 4 Agustus 1961, adalah seorang Senator dari Illinois. Ia menjadi perhatian dunia karena pidato utamanya pada Konvensi Nasional Partai Demokrat 2004, ketika ia masih menjadi Senator Negara Bagian Illinois. Tahun itu juga, ia menjadi orang keturunan Afrika pertama yang memenangkan pemilihan ke Senat AS sebagai seorang Demokrat.

Obama dilahirkan di Queen’s Medical Center di Honolulu, Hawaii dari ayah ekonom lulusan Harvard, Barack Hussein Obama, Sr., dari Kenya, dan ibu Ann Dunham, dari Wichita, Kansas. Waktu Obama dilahirkan, kedua orangtuanya adalah mahasiswa di East-West Center di Universitas Hawaii di Manoa.

Ketika berusia dua tahun, orangtuanya bercerai. Ayahnya kembali ke Kenya, dan ia hanya bertemu dengan anaknya sekali lagi sebelum meninggal pada 1982. Ann Dunham kemudian menikah dengan Lolo Soetoro, juga seorang mahasiswa East-West Center (MA Geografi 1962) dari Indonesia.

Pada masa kecilnya Barack menggunakan nama ‘Barry’. Keluarga ini kemudian pindah ke Jakarta, di mana adik tiri Obama, Maya Soetoro-Ng, dilahirkan (Obama juga memiliki saudara-saudara tiri dari ayahnya yang menikah lagi). Ketika Obama berusia 10 tahun ia kembali ke Hawaii dan diasuh kakek-neneknya, Madelyn Dunham.

Pidato Obama (diambil dari jpnn)

Oia, dan ini ada lagi pidato Barack Obama mengguncang Amerika Serikat yang menjadi penutup Konvensi Nasional Partai Demokrat, Jumat (29/8) . Dia mampu menyihir sekitar 75.000 atau 84.000 (soalnya ada yang bikin 75 ribu dna ada yang nulis 84 ribu…) orang yang hadir dan jutaan pemirsa yang menonton langsung melalui siaran TV nasional di seluruh pelosok Amerika.

Dengan gaya orasi yang memikat selama 44 menit, senator muda dari Illinois yang pernah merasakan hidup di Jakarta itu sukses menghapus ketidaknyamanan sebagian warga AS yang akan mempunyai presiden pertama dari keturunan imigran Afrika.

Suara gemuruh langsung bergaung saat Barack Obama dengan stelan jas resmi warna gelap muncul di panggung utama Invesco Field, stadion sepak bola di kaki pegunungan Rocky. Dengan berpidato di stadion terbuka itu, Obama menjadi capres pertama Demokrat yang menyampaikan pidato konvensi di ruang terbuka sejak mendiang mantan Presiden John F. Kennedy melakukan di Los Angeles Coliseum pada 1960.

Obama membutuhkan waktu beberapa menit untuk meluncurkan kata-kata pertama setelah berkali-kali mengucapkan terima kasih karena seluruh undangan yang tidak berhenti bertepuk tangan dan meneriakkan namanya.

Selain ditunggu-tunggu karena pada momen itu Obama secara resmi menerima nominasi Partai Demokrat ke Gedung Putih, pidato senator muda berusia 47 tahun itu bertepatan dengan peringatan 45 tahun pidato bersejarah ‘’I Have a Dream’’ oleh pemimpin kulit hitam Martin Luther King Jr.

”Dengan rasa bersyukur yang sangat besar dan dengan kerendahan hati yang paling dalam, saya terima nominasi Anda sekalian untuk presiden Amerika Serikat,’’ kata Obama menerima pencalonan resminya.

Berbagai isu dijawab Obama pada pidato tanpa teks itu. Mulai isu terorisme, politik luar negeri, kebijakan pajak, hingga tema sensitif seperti ras dan patriotisme. Di awal pidato, Obama memaparkan secara terperinci apa yang dia sebut sebagai kegagalan-kegagalan pemerintahan Bush.

”Kita bertemu pada salah satu di antara sejumlah momen yang menentukan, yakni momen ketika bangsa kita sedang sibuk berperang, ekonomi kita mengalami kekacauan, dan janji Amerika kali ke sekian terancam,’’ ujar Obama.
Lulusan sekolah hukum paling bergengsi, Harvard Law School, itu juga mengkritik keras saingan kuatnya, John McCain, dari Partai Republik. Menurut Obama, McCain sangat tidak memahami perjuangan-perjuangan rakyat Amerika pada umumnya.

Dia juga meminta senator Arizona itu berhenti mempertanyakan patriotismenya. ‘’Saya punya berita untuk Anda, John McCain, kami menempatkan negara di atas segalanya,’’ ucap Obama di tengah ribuan pendukung yang mengibar-ngibarkan bendera Amerika.

Dia menambahkan, McCain 90 persen waktunya memilih Bush. Dia juga mengkritik pedas rivalnya soal tunjangan kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan banyak lagi. ‘’Kebijakan luar negeri Bush-McCain telah merusak warisan generasi-generasi Amerika, baik Demokrat maupun Republik, yang telah dibangun selama ini. Kami akan memperbaiki warisan tersebut,’’ tegasnya.

Bagi mereka yang mempertanyakan pengalamannya, senator yang baru menjalani periode pertama itu punya jawaban yang dijabarkan dalam daftar kebijakan yang, menurut dia, bisa memperbaiki kehidupan mereka.

Dia menjanjikan pemotongan pajak yang menguntungkan kelas pekerja, mengakhiri ketergantungan energi kepada Timur Tengah, berinvestasi pada energi alternatif, dan mengakhiri perang di Irak.

About these ads

4 comments on “Pesona Obama sihir dunia

  1. Wah…kurang info x ttg OBAMA….

    Di perbanyak lagi ya kak….

    Q pgn lbh tw ttg OBAMA

    Renimaldini-> Sama dong kalau gt..
    Tp gampang kok searching aja di google, pasti banyak tentang Obama

  2. Semoga Cita-cita Obama Tercapai
    Saya yakin Jika Amerika Menghentikan kegemaran berperang
    Dunia akan Damai…….dan sejahtera
    Maju teruus Obama……
    Do’aku menyertaimu…..

    Renimaldini-> Biar tak ada keuntungannya dengan Indonesia, tapi tak apa-apalah kalau Obama jdi Presiden AS, kapan lagi org kulit hitam bisa jadi Mr Presiden AS

  3. my favorite figure..
    apakah suatu saat saya bisa bertemu dengannya?
    say ingiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin skali bertemu dengannyaa
    aminnnnnnnnnnnnnn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s