Sepasang Tongkat ke Ujian Nasional


Siswa SMP 1 korban kecelakaan yang tetap ujian (1)Kecelakaan lalu lintas yang menimpanya 3 bulan lalu, menyebabkan Yelli Joanna (15) mengikuti Ujian Nasional (UN) dalam keadaan tidak sempurna. Sepasang kakinya yang masih nyeri dan harus ditopang dengan tongkat penyangga. Meskipun, tidak belajar dengan optimal, namun motivasi yang kuat untuk ikut ujian bersama-sama teman-temannya, mendorong dirinya bertahan sekuat mungkin untuk tetap 120 menit duduk di ruang ujian.

Kustiah Reni Putri-Cengkeh
Yelli menempati lokal 12 di SMP 11 Padang. Pagi itu sekitar pukul 07.15, Kepala SMP 11 Padang Drs Darmalis MPd sudah menjemput ke rumahnya di Kampung Baru Cengkeh Kecamatan Lubuak Begaluang. Kondisi Yelli sangat tidak memungkinkannya untuk naik angkot atau ojek. 

Tiga hari ikut ujian tidak dirasakan berat oleh Yelli. Bahasa Indonesia di hari pertama, Matematika di hari kedua dan Bahasa Inggris di hari ketiga harus dilaluinya dengan perjuangan yang sangat berat.

“Pihak sekolah menganjurkan untuk ujian di rumah saja. Tapi saya lebih sukasiswa smp 1 korban kecelakaan yang tetap ujian (2) ujian di sekolah bersama teman-teman. Bebannya terasa ringan jika ada teman,” kata Yelli yang ditemui POSMETRO usai pelaksanaan ujian di ruang ujiannya.

Yelli yang selalu ditemani sahabatnya Widia ini, menceritakan sejak Kamis (1/5) dia sudah berada di Padang — setelah dirawat sekitar 3 bulan di klinik patah tulang Tapakis Ulakan Kabupaten PadangPariaman. Kecelakaan sepeda motor di Pengambiran 3 bulan lalu menyebabkan 27 jahitan di kakinya. Tidak hanya itu, kakinya juga terpaksa dipasang bambu sebagai penguat.

“Sejak kecelakaan saya tidak bisa belajar dengan maksimal. Seluruh badan sakit dan saya di bawa ke Ulakan untuk menyembuhkan kaki ini,” imbuh Yelli.

Semakin dekat waktu ujian, Yelli yang ingin masuk SMA 10 Padang ini mengaku sedikit deg-degan dan cemas. Di satu sisi dia tahu betul persiapannya tidak sematang teman-temannya. Namun, dia tetap optimis bisa lulus ujian. (***)

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s