Italia Untuk EURO 2008


Italia

Timnas Italia memikul beban berat di ajang Euro 2008 kali ini. Berstatus sebagai juara dunia, tim berjuluk Azzuri harus melewati ujian berat di babak penyisihan. Berada di Grup C—disebut-sebut sebagai Grup Neraka karena berisi tim-tim hebat eropa yaitu, Perancis, Belanda dan kuda hitam Rumania.

Saat pengundian grup 2007 lalu, skuad racikan alenatore Roberto Donadoni ini harus bertemu lebih awal dengan Perancis. Skuad Azzuri harus berhadapan dengan lawan mereka di final Piala Dunia 2006.

Perancis seakan-akan menjadi musuh bebuyutan Italia sejak beberapa tahun terakhir. Italia sebelumnya telah bertemu Perncis di babak kualifikasi Euro 2008 di grup B. Saat babak kualifikasi, Les Blues—julukan Timnas Perancis harus mengakui kehebatan Azzuri. Les Blues harus puas sebagai runer-up dan Italia sebagai juara grup. Ketika itu, Italia masih dibawah kepemimpinan pelatih Marcello Lippi.

Pirli itali

Selain itu, publik Italia tentu tidak bisa melupkan kekalahan timnya ketika Euro 2000, ketika itu Paolo Maldini—masih berkostum timnas—berhasil membawa rekan-rekannya mencapai partai final. Namun, secara menyakitkan, Italia harus kalah dari Perancis berkat golden goal David Trezeguet—striker Juventus.

Prestasi Italia di Piala Eropa tidak sehebat dikancah Piala Dunia. Italia baru mengoleksi satu gelar (1968) dari 12 perhelatan resmi Piala Eropa yang mereka lewati. Berbanding terbalik dengan prestasi di Piala Dunia, Negeri Spageti ini telah berhasil menggondol empat gelar juara dunia, 2006, 1982, 1938, 1934.

Sekarang dengan pemain-pemain yang membawa Italia juara dunia di Jerman, sudah seharusnya, Donadoni membawa Piala Eropa untuk dikawinkan dengan Piala Dunia. Pilar-pilar utama squadra Azzuri, tetap digawangi Gianlugi Buffon. Luca Toni, Andera Pirlo, Genaro Gattuso, Marco Materazzi tetap menjadi andalan Donadoni.

Bahkan, untuk Piala Eropa yang digelar dari tanggal 7–29 Juni, Donadoni memanggil kembali Pangeran Turin, Alessandro del Piero. Tidak hanya itu, yang fenomenal, mantan pemain Timnas Italia ini memanggil pemain tempramental Antonio Cassano.

Timnas edit

Jika, Italia bisa lolos dari grup neraka ini maka Italia patut difavoritkan sebagai salah satu kandidat juara. Bagaimanapun, kick off belum dimulai. Siapa saja boleh sesumbar tim kesayangannya akan menang. Sekali lagi kalau membicarakan siapa jagoan, siapa yang menang tidak akan habisnya. Jika William Gallas—gelandang Perancis—yakin timnya akan menyingkirkan Italia dibabak awal, itu hal yang wajar.

Tapi di lapangan hijau apapun bisa terjadi. Belum tentu juara dunia Italia akan berjalan mulus. Atau Perancis, Spayol, Portugal dengan si CR7 bisa juara. Mungkin saja mereka harus angkat koper lebih dulu. Nah, sekarang tinggal kejelian pelatih, pemain dan jangan lupakan Dewi Fortuna. Bagi pencinta bola, tentu masih ingat Piala Dunia 1992, ketika Argentina—yang masih diperkuat Gabriel Batistuta harus pulang kampung lebih awal. Padahal bersama Brazil, Argentina menjadi salah satu kandidat terkuat juara. (ren)

2 pemikiran pada “Italia Untuk EURO 2008

  1. Italia? Sama-sama kita lihat saja ya ni. Pokoknya Prancis deh.
    Reviandi, Prancis Untuk Euro 2008. Don’t Miss It…..

    Renimaldini-> Perancis dan Italia sudah pulang kampung..
    Sekarang terserah yang mau jadi juara…
    Pokoknya, tetap Italia lah…

  2. Saya suka Italia Ren.
    Saya pikir kamu juga suka.
    cowoknya… ehm

    Renimaldini-> Ha, ternyata b’veri suka Italia juga ya..
    Tapi Reni suka Italia bukan karena cowoknya tapi karena ada sesuatu yang menarik dari sebuah negara yang beranama Italia itu..
    Tapi Italia udah pulang kampung…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s