Mencari Pendamping Jerman


Diambil dari: http://biangbola.com

EURO 2008 – Grup B: Sulit Untuk Austria

Seperti juga Grup A, grup ini akan memperlihatkan persaingan keras memperebutkan posisi runner-up karena di atas kertas posisi juara grup akan ditempati oleh Jerman. Malang bagi Austria, banyak pengamat menilai mereka hanya akan jadi juru kunci.

AUSTRIA

Euro-2008-austriaStatus tuan rumah seharusnya menjadi keuntungan bagi sebuah tim. Namun situasi itu menjadi pengecualian bagi Austria, salah satu tuan rumah Euro 2008. Rekaman buruk sejumlah hasil pertandingan ujicoba — hanya sekali menang — membuat Austria diragukan bisa lolos dari Grup B.

Skuad asuhan Josef Hickersberger ini adalah tim terlemah di turnamen yang akan berlangsung sejak 7 hingga 29 Juni mendatang. Bahkan dibandingkan dengan tuan rumah lainnya, Swiss, Austria masih berada di bawahnya. Banyak latar belakang mereka, termasuk peringkat FIFA ke-101 per bulan Mei 2008, yang membuat warga Austria sendiri pesimistis dan bahkan meminta tim mundur.

“Kami bukan negara sepakbola, tapi olahraga musim dingin,” kata pemilik toko di pusat kota Wina berusia 47 tahun, Dariusz Hoefer.

“Dari sejarahnya, saya pikir timnas Austria paling lemah,” ujar pelajar berusia 21 tahun, Christian Hofstadler.

Dengan minimnya dukungan dari warga sendiri, langkah Austria akan semakin sulit ketika di Grup B berisi juara dunia tiga kali Jerman, Polandia dan Kroasia. Secara tradisi, tiga negara itu punya rekor bagus, terlebih sekarang ditangani oleh para pelatih bertangan dingin.

Tapi ada pertanyaan bagaimana mereka bisa menjalani pertandingan melawan Kroasia dan Polandia. Jika mau membalikkan pesimistis orang banyak, termasuk warganya, Austria harus bisa memanfaatkan dua laga itu untuk mengambil minimal satu kemengan dan satu seri. Austria beruntung karena baru melawan Jerman di partai terakhir.

POLANDIA

PolandiaSecara umum, rekor Polandia lebih baik di ajang Piala Dunia. Sedangkan untuk Euro, ini adalah putaran final pertama mereka sepanjang sejarah. Dan keberhasilan itu tak lepas dari kepiawaian pelatih gaek asal Belanda, Leo Beenhakker.

Sang pelatih meneruskan bukti bahwa pengolah tim asal Belanda selalu punya “tuah” di level tim nasional. Di masa kualifikasi, Beenhakker membawa Polandia menjuarai Grup A dengan catatan 8 menang, 4 imbang dan 2 kali kalah. Enam laga terakhir kualifikasi dibungkus dengan kemenangan, termasuk memantapkan penyerang Euzebiusz “Ebi” Smolarek sebagai pemain tertajam di tim dengan sembilan gol.

Untuk mengarungi Euro 2008, Beenhakker punya tiga kiper yang selevel kualitasnya, yakni Artur Boruc (Celtic), Tomasz Kuszczak (Manchester United) dan Lukasz Fabianski (Arsenal). Artinya, siapapun yang diturunkan bisa memberi rasa nyaman bagi pemain lain di lapangan.

Di lini pertahanan, Mariusz Jop dan Jacek Bak akan menjadi andalan Polandia. Keduanya mungkin akan ditemani oleh Pawel Polanski dan Michal Zewlakow.

Uniknya, Beenhaker hanya membawa tiga penyerang murni. Tetapi itu bisa dimaklumi karena kekuatan serangan tim terletak pada gelandangnya. Smolarek, veteran Jacek Krzynowek, Dariusz Dudka dan Mariusz Lewandowski adalah penghuni tetap lini tengah. Dengan formasi 4-4-2, 4-5-1 atau 4-3-3, empat gelandang itu merupakan mesin utama permainan Polandia. Sedangkan di lini depan, satu tempat utama sudah pasti diisi oleh kapten Marek Saganowski yang bisa juga diduetkan dengan Smolarek, pencetak sembilan gol di babak kualifikasi.

KROASIA

KroasiaInilah salah satu tim dengan barisan pemain berkualitas yang lengkap dari kiper hingga penyerang dan diracik oleh pelatih berkualitas nan eksentrik Slaven Bilic.

Kroasia sudah memberi bukti bahwa mereka tak boleh dipandang remeh di Euro 2008. Keberhasilan menyisihkan Inggris di Grup E babak kualifikasi lalu adalah salah satu pencapaian terbaik dan sebaliknya bagi Inggris. Kroasia memuncaki klasemen akhir Grup E dengan ditemani Rusia sebagai runner-up.

Tapi, kekurangan Kroasia untuk mengarungi Euro 2008 adalah absennya penyerang kelahiran Brasil, Eduardo da Silva, yang masih menjalani perawatan patah tulang akibat diterjang bek Birmingham City, Martin Taylor, sewaktu memperkuat Arsenal di Liga Premier. Tanpa Eduardo, kekuatan Kroasia akan berkurang secara signifikan karena dia adalah pemain tertajam kedua di babak kualifikasi dengan koleksi 10 gol. Jumlah itu hanya kalah tiga gol dari top scorer David Healy yang negaranya, Irlandia Utara, tak lolos ke putaran final.

Bilic mengakui absennya Eduardo adalah kerugian hebat, namun ia optimistis pemain depan lainnya juga punya kualitas yang tak kalah hebat. Nama-nama pemain seperti Mladen Petric, Ivica Olic, Ivan Klasnic dan Igor Budan adalah jaminan gol di gawang lawan.

Dalam formasi 4-4-2 atau 4-2-3-1, Petric dan Klasnic kemungkinan besar akan menjadi tombak kembar meski nama kedua baru saja pulih dari operasi transplantasi ginjal. Dua pemain itu akan didukung oleh barisan gelandang bertenaga seperti Dario Srna, Ivan Rakitic, Luka Modric, Nico Kovac dan Niko Kranjcar.

Sementara di barisan belakang, Vedran Corluka, Josip Simunic dan Robert Kovac bisa menjadi tembok kokoh menghadang serangan lawan sebelum mencapai kiper yang kemungkinan besar akan ditempati oleh pemain kawakan Stipe Pletikosa.

JERMAN

JermanInilah tim yang selalu menjadi kandidat juara setiap kali ikut turnamen. Dengan prestasi tiga kali juara dunia dan tiga kali pula kampiun Eropa, Jerman menjadi salah satu tim paling elite sekaligus ditakuti di Eropa.

Di babak kualifikasi lalu, Jerman lolos dari Grup D dengan predikat runner-up di bawah Republik Ceko. Kendati demikian, grup itu relatif ringan dan sejauh ini pasukan Joachim Loew belum teruji benar di level internasional.

Loew masih akan mengandalkan sejumlah muka lama yang ikut meraih juara ketiga di Piala Dunia 2006 dengan torehan tertajam di gawang lawan, 14 gol. Loew juga tetap akan menggunakan formasi favoritnya, 4-4-2, yang justru bukan pakem klub-klub Jerman, 3-5-2.

Dengan pensiunnya Oliver Kahn, maka gawang Jerman akan dikawal oleh kiper kawakan lainnya, Jens Lehmann. Sementara dua bek tengah masih akan diisi oleh pemain jangkung Per Mertesacker dan Christoph Metzelder. Loew beruntung gelandang Torsten Frings bisa pulih dari cedera tepat waktu. Pemain Werder Bremen itu akan menemani kapten Michael Ballack, Bastian Schweinsteiger dan pemain sayap David Odonkor. Sedangkan lini depan hampir pasti ditempati oleh duet Miroslav Klose dan Lukas Podolski, pemain muda terbaik Piala Dunia 2006.

Mencari Runner-Up

Bagaimanapun, Jerman hampir pasti akan lolos ke perempat final dengan status juara grup. Sehingga kemudian pertarungan mencari runner-up lebih tinggi mengemuka. Namun Jerman juga tak bisa bersantai karena kelengahan bisa dimanfaatkan oleh tiga tim lainnya.

Dalam sebuah turnamen, tradisi sebuah tim menjadi penting. Polandia adalah tim dengan tradisi kosong karena ini kali pertama tampil di putaran final Euro. Kepiawaian Beenhakker meramu mental pasukannya sangat diharapkan agar bisa setidaknya meraih satu tiket ke perempat final.

Kroasia punya peluang maju ke perempat final lebih besar dari pada Polandia, meski banyak pula yang menganggap Polandia akan membuat kejutan. Austria secara teknis adalah tim terlemah, namun motivasi besar bisa saja muncul berkat dukungan tuan rumah. Jika itu terjadi, maka Kroasia dan Polandia bisa meradang. (***)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s