SEMUA BERHARAP KEPADA BELANDA


F3oWDSfENHTERIMA kasih Gigi Buffon! Dua kata itu patut saya berikan kepada kiper Timnas Italia. Tidak hanya saya, mungkin seluruh rakyat Italia mengucapkan terima kasih 1000x kepada kiper terbaik dunia itu. Dua tangan dan kakinya berhasil mem-blok tendangan penalti dari striker Rumania Adrian Mutu di menit ke-82. Luapan emosi Buffon jelas terlihat ketika berhasil menggagalkan striker yang merumput di Fiorentina tersebut. (gak jadi pulang kampung lebih awal nih…)

Pertandingan tadi amlam benar-benar bikin gemas dan menyebalkan. Gimana ‘gak, si Luca Toni kok bisa mandul begitu ya?. Begitu banyak umpan yang diberikan kepada striker Bayern Munchen ini, mulai dari Grosso, Pirlo memberikan umpan dari sisi kiri dan kanan. Tapi si Toni tetap aja ‘gak bisa membobolkan gawang kiper Rumania.

Eeh, ketika berhasil menjebol gawang malah dianulir wasit—karena dianggap offside. Hasil pertandingan tadi malam benar-benar mengecewakan. Sebenarnya Italia bisa mengantongi 3 angka. Tapi mau gimana lagi, bola bundar, ‘gak bisa ditentukan arahnya

716583_w6Pola permainan 4-2-3-1 yang diterapkan allenatore Roberto Donadoni terbukti mampu menghidupkan permainan. Del Piero dan Grosso yang diturunkan sebagai starter benar-benar menghidupkan permainan Italia—dibandingkan ketika peratndingan perdana lawan Belanda.

Sang kapten kali ini membantu Luca Toni sebagai second striker sejak awal permainan. Donadoni juga mengganti Marco Materazzi dengan bek Juventus, Giorgio Chiellini. Serangan yang dibangun Gli Azzuri pada babak awal kebanyakan digerakkan bek Olympique Lyon Fabio Grosso. Terbukti umpan-umpan crossing pahlawan Azzurri di Piala Dunia 2006 itu mampu merepotkan lini pertahanan Rumania yang digalang Cosmin Contra cs.

Keasyikan menyerang sedikit membuat lengah para bek Italia. Terbukti gawang Gianluigi Buffon hampir dijebol Adrian Mutu yang berdiri bebas di kotak terlarang. Berkat kesigapannya, Buffon mampu memblok tendangan liar bintang Rumania tersebut.

FyevIC9MF7Memasuki babak kedua Italia tidak menghentikan serangannya. Tapi, Rumania justru yang mengambil peluang itu ketika Adrian Mutu, memanfaatkan blunder sundulan Gianluca Zambrotta yang tadinya berniat mengembalikkan bola ke arah Buffon pada menit ke-55. (harusnya Zambrotta membuang bola ke arah luar, bukannya ke sisi kiri gawang Buffon. Ya sudah, disambar deh bola ama Mutu…Gooool…)

Tapi keunggulan Rumania hanya berselang satu menit. Bek Italia Christian Panucci menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Tendangan bebas yang diambil Grosso di kiri pertahanan Rumania, diterima Chiellini dan mengumpan ke Panucci yang menyelesaikannya dengan kaki kiri, menjebol gawang Bogdan Lobont.

ITALIA di ujung tanduk

Meski bermain seri 1–1 peluang Italia makin diujung tanduk untuk lolos ke babak selanjutnya. Italia di klasemen sementara tetap berada di posisi buncit dengan poin 1. Sementara Rumania diposisi 3 dengan nilai 2. Hasil tersebut benar-benar bikin sang juara dunia ini berpikir 100 kali untuk bisa lolos ke perempat final.

Hal itu disebabkan karena pertandingan antara Belanda dan Prancis—berselang satu jam setelah Italia dengan Rumania berhasil dimenangkan Belanda. Tim besutan Marco van Basten bermain luar biasa dan fantastis. Juara dunia Perancis mereka tumbangkan 4–1. Hasil tersebut memastikan Belanda mendapat satu tiket ke perempat final.

1qr15U3Q5DMelihat hasil Belanda-Prancis, maka Rumania, Perancis dan Italia masih bisa memperebutkan satu tiket lagi dari Grup C ini. Italia bisa lolos jika berhasil mengalahkan Prancis (poin 4) di laga ketiga nanti dengan syarat Rumania bermain imbang atau dikalahkan Belanda (jangan sampai Belanda mengalah dengan Rumania. Jika itu terjadi, pupuslah Italia dan Prancis).

Sementara Prancis bisa lolos jika bisa mengalahkan Italia (poin 4), juga dengan syarat Rumania tidak menang dari Belanda. Dan Rumania akan lolos jika berhasil menumbangkan Belanda (poin 5). Jadi saya sangat berharap, Belanda tidak bermain jelek dengan Rumania di laga terakhir nanti. Semoga Belanda bermain sebaik di laga melawan Italia dan Perancis. Semoga pemain Belanda menginginkan Henry, Makalele (temannya Arjen Robben di Chelsea) lolos.

Semua memang tergantung BELANDA. Jika Belanda tidak mau Prancis atau Italia lolos, mau apalagi. Tentu mereka mau saja dikalahkan Rumania (kalah juga masih jadi juara grup..). Tapi saya yakin para pemain bola dunia tersbut sangat-sangat profesional. Belanda tentu tidak mau dikalahkan begitu saja oleh Rumania. Belanda pasti mau balas dendam atas kekalahan mereka dengan Rumania di babak kualifikasi. (ren)

3 pemikiran pada “SEMUA BERHARAP KEPADA BELANDA

  1. Obsesi buat Itali boleh-boleh aja Ren…Tapi, aku saranin, liat-liat anginlah ya…jangan terlalu berharap ntar kecewa…Lagian Itali emang dah ga jamannya…delapan tahun lagi [mungkin?] kali baru Itali bisa kambuh dari sakit…Pcaya deh, aku nih biasa baca angin, sekarang anginnya lagi menuju ke Belanda atau Spanyol…Itali ama France bakal pulang kampung duluan di grupnya…Aku yakin bgt lho Ren, jarang-jarang aku seyakin ini bgt!!! Bravo Belanda, bangkit Matador!!! See U Ren, he5…

    Renimaldini->Oke Erinaldi, sepertinya Reni akan mengikuti arah angin Ki Joko Erinaldi..Italia bakalan angkat koper, karena Belanda “mengalah” main dengan Rumania…

  2. Ren…Jangan cuma salut aja sama Buffon..
    Soalnya pas adu penalti sama Adrian Mutu, meskipun bisa ditepis sama Buffon, tapi bola malah ngumpan balik ke arah depan…N beruntung sama pemainnya yang bisa mentahkan bola keluar…
    Asli, kalo bukan karena tendangan reflek itu, bisa gol si buffon itu….Yoi kan…

    Renimaldini-> Wah, ibu KL ternyata ikutin Euro juga ya? Jagoin siapa, pasti Portugal kan..he..he..
    Oke deh, tq nya tidak hanya utk Buffon tapi 2 pemain lainnya…

  3. Hue he he…Iya nich, sampe2 kalo rapat pagi, sering ngantukz ndiri…
    Tau aja ibu, Portugal n Belanda…He he he….

    Renimaldini-> Wah, Reni tau kenapa Vina suka Portugal, pasti kesemsem ama Cristiano Ronaldo kan atau Nuno Gomes ya?
    Atau karena nggak sengaja liat CR7 buka baju habis tanding ya..he..he…Suit-suit…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s