Rumania DiMEnangKan BeLANda?


Van Basten Bangkucadangkan Lima Starter-nya
Loloskan Rumania?

oleh:Rakhmatul Akbar

Nisltelroy (1)Belanda sepertinya akan mengikuti langkah Portugal yang “menyimpan” tenaga di pertandingan ketiga menghadapi Rumania pada penyisihan grup. Di partai lain yang memainkan Itali dengan Perancis, mereka justru mengharapkan Belanda tetap tampil dengan kekuatan penuh agar Rumania “sulit” merebut laga tersebut.

Bagi coach Van Basten, “penyimpanan” pemain itu bukanlah hal yang buruk. Pergantian pemain, katanya di situs resmi KNVB (PSSI-nya Belanda, red) yang dilansir AFP, kondisi ini tidak akan mengubah apapun.
“Bagi kami, setiap pertandingan adalah penting dan pergantian beberapa pemain dalam sebuah tim tidak akan mengubah apapun karena kami tetap ingin menang,” ujar Van Basten lagi.

Mantan pahlawan Belanda saat merebut mahkota sepakbola Eropa tahun 1988, mengatakan dirinya akan mengistirahatkan sejumlah pemain kunci untuk menghadapi pertarungan di quarter final, Sabtu depan. Tetapi, dirinya tidak membayangkan penampilan anak asuhnya akan menurun dari sebelumnya.

NisltelroyDua pemainnya, seperti Andre Ooijer dan Nigel de Jong tak bisa tampil karena akumulasi kartu kuning. Di sisi lain, winger-nya yang membela Real Madrid Arjen Robben yang membukukan golnya kala menundukkan Perancis dari bangku cadangan, sangat berhasrat untuk tampil sejak awal.

Menurut sumber dari dalam tim Belanda, sedikitnya, Van Basten aman mengistirahatkan lima pemain intinya yang menjadi starting eleven kala mencukur Finalis Piala Dunia 2006, Perancis, pekan lalu.Striker Ajax, Klas Jan Huntelaar jadi starter. Namun, apakah Klas akan menggantikan bomber Ruud Van Nistelrooy atau berduet, belum ada kepastian. Sementara, Robin van Persie dan Ibrahim Afellay diplot untuk menempati posisi Wesley Sneijder dan Rafael Van der Vaart di barisan tengah.
Rumania PeDe

MutuSementara itu, Harian Thestar menyebutkan, Kapten Rumania Christian Chivu justru lebih percaya diri. Chivu percaya bahwa timnya akan mampu menyelesaikan setiap game di Euro untuk mencapai grand final serta mengirim Itali dan Perancis pulang kampung. Menurut Chivu, Rumania akan menentukan nasibnya sendiri tanpa bergantung kepada hasil tim lain.

Berbeda dengan dua tim se grupnya, Itali dan Perancis. Dua tim ini tergantung kepada hasil pertandingan Belanda-Rumania. Dan Rumania, kata Chivu lagi, menyadari bahwa kemenangan adalah jalan satu-satunya untuk mencapai perempat final.

“Sebelumnya kami pernah menang 1-0 atas Belanda di kualifikasi. Tapi itu bukan pertandingan yang spesial karena saat itu pertandingan berlangsung di bawah guyuran hujan. Dan kemenangan saat itu justru karena kami lebih lucky dari Belanda,” kata Chivu lagi.

Namun, pertandingan nanti malam ada pertandingan yang spesial dan menjadi kesempatan kami untuk tampil di perempat final. “Kami akan melakukan apapun untuk 90 menit pertandingan itu,” tegas Chivu lagi.

Sepertinya, tekad Chivu tersebut akan lebih berat karena dua starter Rumania tidak dapat bertarung di Final Grup tersebut. Keduanya, midfielder Miral Radoi dan centre-back Dorin Goian tidak bisa bertarung karena akumulasi kartu kuning. (*/mat)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s