Rekening di Penerimaan Siswa Baru


Dalam sesi pendaftaran ulang siswa baru tahun ajaran 2008/2009 macam-macam cara sekolah membuat syarat-syarat pendaftaran yang harus dilengkapi calon siswa baru. Salah satunya, di sekolah favorit di Kota Padang. Di SMA 1, misalnya, sekolah membuat syarat yang agak “aneh”, yaitu calon siswa harus melampirkan sejumlah rekening ketika mendaftar ulang.

Kustiah Reni Putri-Sudirman

“Emangnya rekening telepon, air dan listrik untuk apa?” ucapan itu terlontar dari salah seorang calon sisiwa ketyika melihat pengumuman penerimaan siswa baru di SMA 1.

Rekening telepon, air dan listrik dua bulan terakhir diminta oleh pihak sekolah kepada siswa yang dinyatakan lulus dan diterima di SMA 1. Syarat pendaftaran yang agak “menggelitik” itu cukup menjadi bahan perbincangan diantara kerumuman calon siswa dan orangtua yang melihat papan pengumuman yang ditempel pihak sekolah di dekat pintu masuk sekolah.

“Kalau tidak ada rekening telepon atau air bagaimana. Kan tidak semua orang punya rekening itu. Tapi, kalau itu salah satu syaratnya tentu harus dipenuhi ya?”, kata Yulisna yang menemani keponakannya melihat pengumuman siswa baru di SMA 1 Padang.

Sayang, Dina Fitriani–keponakannya tidak lulus di SMA 1. Dia akan melihat hasil pengumuman di SMA 3 dan SMA 4– pilihan kedua dan ketiga yang dipilih keponakannya saat PSB online.

Kepala SMA 1 Drs Prima Yunaldi mengaku kebijakan melampirkan rekening telepon, air dan listrik ketika pendaftaran ulang baru dilakukan di tahun ajaran 2008/2009. Tahun lalu, SMA 1 tidak pernah membuat persyaratan lampiran rekening telepon, air, listrik 2 bulan terakhir.

“Maksud sekolah meminta lampiran rekening itu bukan melihat kekayaan calon siswa. Tapi lebih kepada pendataan orangtua siswa. Dimana dengan ada rekening, kita mengetahui mana siswa yang “lebih” mampu dan yang kurang mampu,” katanya.

Orangtua siswa yang mampu diharapkan bisa memberi kontribusi lebih untuk siswa sekolah untuk perkembangan dan pembangunan di SMA 1. “Tidak ada maksud apa-apa. Siswa yang tiak mampu pasti akan diberi keringanan,” ujar Prima Yunaldi menyebutkan hal itu juga untuk menghindari orangtua siswa yang “pura-pura” tidak mampu ketika memasukkan anaknya ke sekolah. (***)

Satu pemikiran pada “Rekening di Penerimaan Siswa Baru

  1. Rekening itu untuk ngegecek kekayaan uni. Kalau ada yang rekening listriknya kira-kira bayar Rp 1 miliar, mungkin dijamin anaknya bakal dapat rangking bagus. Kalau cuma 450 wat dan bayarnya 60 ribu, dicuekin — mungkin tidak dapat rangking bagus. Atau tuh SMA lagi kerjasama ama PLN kali ya ni…….. Rekening, SMA, PLN = Bayar Uang Sekolahnya Mahal (ga nyambung ya?).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s