Taufik Hidayat jadi idola


Diambil dari: Jawapos.com
Kontingen Olimpiade Indonesia menginjakkan kaki di Beijing kemarin dini hari. Rombongan berkekuatan 24 atlit tersebut langsung disambut cuaca yang dengan kisaran 30 derajat celcius.

Di antara rombongan Indonesia, pebulutangkis Taufik Hidayat paling mendapat perhatian media asing. Begitu mendarat di Bandara Beijing, peraih emas tunggal putra Olimpaide Yunani 2004 itu langsung diserbu puluhan wartawan manca negara.

Di Tiongkok, Taufik memang memiliki fans cukup banyak. Selain wajah yang tampan, teknik bermain Taufik yang di atas rata-rata, mengundang kekaguman tersendiri bagi penggemar bulu tangkis negeri tersebut.

Obor Olimpiade Melintasi Beijing
Api Olimpiade XXIX mulai memasuki Beijing. Setelah menempuh perjalanan panjang yang melalui beberapa negara di lima benua, api Olimpiade musim panas itu diarak mengelilingi Beijing hari ini dan besok. Pagi ini perjalanan kirab api Olimpiade diawali dari Gerbang Meridian, gerbang pusat Forbidden City (Zijincheng).

Kemarin panggung dengan dominasi warna merah telah didirikan di depan gerbang tersebut. Gerbang Meridian adalah pintu utama menuju kawasan istana yang didirikan selama Dinasti Ming dan Qing.

Untuk sampai di gerbang tersebut, orang harus melewati dua gerbang. Yang pertama adalah Gerbang Kedamaian Surgawi (Tiananmen). Gerbang itu berwarna merah-ungu, berhias foto Mao Zedong, dan tampak dari Lapangan Tiananmen. Yang kedua adalah Gerbang Ketegakan (Duanmen) yang bentuknya lebih kecil daripada Tiananmen.

Gerbang Meridian menghadap selatan dan dilengkapi dua bangunan sayap. Gerbang itu berbentuk seperti huruf U. Nah, panggung untuk mengawali rute obor itu dibangun di tengah-tengah U tersebut. Api Olimpiade akan melintasi Beijing selama tiga hari.

Api tersebut ”dilarikan” sepanjang 40 kilometer oleh 841 pembawa obor. Di antara para pembawa obor tersebut, 232 orang anggota Beijing Olympic Committee, 90 orang dari National Olympic Committee, dan 60 orang dari International Olympic Committee. Selain itu, ada 170 orang dari perusahaan-perusahaan sponsor. Lalu, 289 orang dipilih oleh pemerintah kota Beijing.

Di antara orang-orang pilihan itu, ada Yao Ming (bintang basket Tiongkok), Wang Meng (peraih emas 500 meter cabang speed skating Olimpiade Turin), Xu Haifeng (peraih emas pertama Tiongkok), Yang Liwei (astronot pertama), Han Meiling (perancang maskot Olimpiade), dan sejumlah artis Tiongkok.

Pembawa obor itu juga terdiri atas guru, polisi, pegawai negeri, dan siswa sekolah. Di antara mereka, 64 warga asing dan 3 warga Hongkong. Pembawa obor tertua berusia 85 tahun dan yang termuda 14 tahun.

Khusus hari ini, pawai itu dimulai dari Gerbang Meridian dan berakhir di Altar untuk Panenan Melimpah di Kuil Surga (Temple of Heaven). Sepanjang hari ini obor melintasi 16,5 kilometer dan melewati tujuh distrik di Beijing. Yang membawa obor hari ini 433 orang.

Besok obor akan dibawa 268 orang. Start di Tembok Besar Tiongkok di section Badaling dan berakhir di Ditan, Distrik Dongcheng. Terakhir, lusa (8/8), obor tersebut melintasi lima distrik di Beijing dan sampai di National Stadium yang berjuluk Bird’s Nest (Sarang Burung) pada sore. (*)

2 pemikiran pada “Taufik Hidayat jadi idola

  1. Met ultah ya Fik, moga U dpt kado terindah di Beijing. Q fans U yg pling OK bgt truz doa’in U ‘n siap ‘n rela menyumbangkan 1/2 tenagaku utk U. CAI YOU !!!!!!!

    Renimaldini-> fansnya taufik ya? baru tahu kalau Taufik Ultah. Kalau GT met Ultah aja ya Taufik..
    Jgn lupa kado untuk orang Indonesia dengan sebuah Medali Emas…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s