Perang Iklan,…


Ada yang beda dengan Harian Kompas, edisi Selasa (20/8). Di bagian depan terpampang iklan Presiden Susilo Bambang Yudoyono (SBY) dengan senyum manisnya. Tak lupa ada nama Partai Demokrat–yang sukses membawa SBY menjadi Presiden RI 2004 lalu.

Jujur, saya yang membeli koran Kompas kemarin sedikit heran. Kok, SBY masang iklan seperti itu. Kenapa tidak dibuat satu halaman penuh–seperti iklan biasanya. Tapi, iklan SBY ini beda. Saya kurang tahu apa itu jenis iklannya–yang jelas di iklan itu SBY sengaja ditampilkan (1/2 halaman) dibagian muka dan belakang. (akhirnya SBY ikutan latah juga..)

Wah, pasti mahal sekali iklan itu. Entah berapa bajet yang harus dikeluarkan untuk membayar iklan yang dipasang di halaman 1 tersebut. Rp 10 juta, 20 juta, 30 juta 50 juta atau… Entahlah saya dak tahu.

Yang penting, dengan keluarnya iklan perdana SBY, maka perang calon dan kandidat presiden dan wapres bakal seru. Wajah SBY dengan Partai Demokrat bakal sering di lihat di televisi (saya lupa tanggal berapa iklan SBY muncul di televisi). Dan kita-kita di rumah bakal disuguhi wajah kakek dari Almira Tungga Dewi–putri pasangan Agus Harimurti Yudoyono dan Annisa Pohan.

Sejak media elektronik–khususnya televisi–dijadikan ajang promosi bagi ‘orang-orang hebat’ itu, tentunya anugerah besar bagi pemilik televisi swasta. Semakin banyak yang ingin promsi makin kaya saja televisi (mantap!!!)

Seperti beberapa bulan lalu, Soetrisno Bachir (SB) dan Rizal Malarangeng–yang disingkat RM 09–mejeng di televisi dengan membawa motto dirinya masing-masing.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Soetrisno Bachir, misalnya mengusung “Hidup adalah Perbuatan” disetiap iklan. Dan Rizal lewat slogan “if there is a will, there is a way” (yang artinya seperti ini kira-kira: jika ada keinginan pasti ada jalan…). Kata-kata itu kerap diucapkan pembawa acara Save Our Nation di Metro TV.

Bahkan, adik kandung dari Juru Bicara Kepresidenan Andi Malarangeng ini hilir mudik tiap hari di stasiun televisi dengan topik yang berbeda-beda. Entah apa visi dan misi dibalik iklan, dengan dana ratusan juta (pastinya…).

Mungkin RM 09, SB, atau Prabowo, Wiranto dan SBY berfikir bahwa dengan seringnya mereka muncul di televisi dan ditonton jutaan penduduk Indonesia adalah cara kampanye yang jitu dan berhasil. Jujur, sebagai masyarakat awam saya menilai iklan layanan tersebut sangat efektif.

Kenapa? Paling tidak, seringnya muncul di televisi, wajah SB, RM 09 akan mudah diingat orang. Dan, sekarang saja saya tertarik dengan RM 09 itu. Entah apa sebabnya. Mungkin karena kumisnya (alah…), atau senyumnya ( gimana ya…) atau karena pesona kata-katanya (maybe juga..), atau karena iklannya yang menyentuh (kira-kira begitu…)

Apapun dan siapaun itu, yang terpenting Pemilu 2009 nanti–masyarakat Indonesia bakal memilih pemimpin yang benar-benar bisa membawa ketentraman, kemudahan, pokoknya yang baik-baiklah untuk bumi pertiwi ini. Atau, sudah saatnya yang muda tampil–seperti Barac Obama yang lebih dikenal Obama 08–atau Hidup adalah Perbuatan atau Partai Demokrat bersama SBY Mempersatukan Bangsa, Membangun Negara. Siapa pilihan kamu???

9 pemikiran pada “Perang Iklan,…

  1. ITU IKLAN PALING – EKSKLUSIF SEPANJANG TAHUN INI MBAK…
    SEBAGAI ORANG MEDIA…SAYA PUN TAKJUB….
    SEBAGAI GAMBARAN…
    UNTUK MEDIA LOKAL SAJA SEPERTI DI JAMBI…
    IKLAN HALAMAN DALAM SATU HALAMAN BISA 100 JUTA PER HARI…
    BISA MBAK BAYANGKAN…BERAPA TARIF IKLAN SBY DI HARIAN SEKELAS KOMPAS…

    NAMUN…

    TAK BISA DIPUNGKIRI…
    IKLAN IKUT MEMPENGARUHI PAMOR SESEORANG…
    BUKTINYA HARI INI, DI JAMBI…
    MEREKA YANG IKLAN TERBANYAK DI MEDIA MENANG PEMILIHAN WALIKOTA..
    dR. bAMBANG – sUM.

    Renimaldini-> Eksklusif sekali, karena hanya di Kompas saya ngeliat..
    di media nasional lain gak ada… Gila mending dikasih ama orang-oran tak mampu aja…
    Tapi media diuntungkan jika iklan banjir dari para calon walikota atai parpol yang pasang ilan gede-gede…

  2. biar awam, saya yakin dan percaya reni pasti sudah punya pilihan, minimal tidak akan terkecoh hanya dengan iklan. tentukan pilihan

    Renimaldini-> Iya, sudah ada pilihan sendiri.. Sampai sekarang masih SBY sih, soalnya gak ada calon lain yang oke..he..he..

  3. Jangan mudah tertipu oleh penampilan dan gaya bicara yg memukau.
    Memang RM itu orangnya pinter ngomong, dan sudah begitu terbiasa di depan kamera sehingga dia bisa bergaya dengan anggun di televisi.
    Tapi coba lihat track record-nya, cek di internet, siapa sebenarnya dia dan apa yg telah diperbuatnya untuk negeri ini.
    Orang ini punya andil dalam upaya ekploitasi kekayaan bumi pertiwi oleh pihak asing.
    “Sale Our Nation”, kata RM.

  4. ya daripada salah satu capres yang berkendaraan partai merah, ga bisa ngomong yang bener depan publik.mending rm bisa ngomong bagus. eniwei busway, cobalah tengok acara2 pemilu di trans tv dan metro, bisa terlihat siapa yang kharismatik, yang pengetahuannya luas, tidak mudah emosi. gw si belum menentukan pilihan. tapi kagum juga sama SBY yang hafal nama semua orang sampe yg paling kecil. indonesia ini luas bung, harus ada yang dikorbanin untuk memperoleh yang lain. apalagi kalo liat group jangan bikin malu 2009 di facebook. ketauan deh ada partai keblinger sekali dalam menayangkan iklan-iklannya,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s