Kala Suami Maju Pilkada (2)


Ny Anis Yusman Kasim:
Saling Curhat usai Shalat Shubuh

Ketika sang suami memutuskan bakal maju sebagai Walikota Padang dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) –Ny Anis Yusman Kasim memberi pesan singkat, bahwa maju sesuai dengan aturan. Pesan untuk suami, yang masih menjabat Wakil Walikota Padang Drs H Yusman kasim MM itu merupakan titipan dari seluruh anggota keluarga, anak dan karib kerabat. Ajang Pilkada yang berlangsung panas dan selalu hadir dengan trik-trik politik harus dihadapi dengan tenang, lurus dan tak menyalahi ketentuan.

Kustiah Reni Putri-Padang
Sekitar pukul 14.15 menit–sebuah mobil memasuki pekarangan rumah besar yang dicat putih itu. Seorang perempuan yang terlihat cantik dan anggun dengan busana berwarna biru muda yang dipadukan dengan jilbab pink. Sambil menyapa petugas keamanan di pos jaga–Ny Anis Yusman Kasim langsung menuju ruang tamu keluarga.

“Wah, maaf saya baru habis pulang kegiatan di Balai Baru dan mengurus pembentukan P2TP2A Kota Padang,” kata perempuan kelahiran 5 Mei 1952.

Siang itu, kebetulan sang suami–Yusman Kasim sedang istrihat di rumah –setelah melakukan kegiatan dan acara di lapangan. “Kita bicara di depan saja. Biar lebih santai, bapak lagi ada tamu,” begitu Ny Anis Yusman Kasim memulai pembicaraan dengan koran ini kemarin.

Sebagai seorang istri, jelas lulusan Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak (PGTK) dukungan moril terus diberikan kepada sang suami. Apalagi setelah suami memutuskan untuk maju sebagai calon Walikota Padang priode 2008-2013–support berupa masukan dan kritikan diberikan kepada suami–yang diusung dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P).

//Kualitas pertemuan//
Di tengah kesibukan suami setelah resmi mendaftarkan diri ke KPUD Padang dengan pasangannya Yul Akhiari Sastra SH, kata Anis Yusman intensitas keberadaan bapak 3 putri itu sangat sedikit di rumah. Pasalnya, selain sibuk mengurus pencalonan bersama tim sukses, bapak (Yusman Kasim-red) juga banyak terjun ke masyarakat.

“Sebenarnya sejak dulu bapak sangat sibuk. Tapi sesibuk apapun selalu menyempatkan diri bertemu dan berkomunikasi dengan anak-anak. Setelah pulang kantor pasti beliau menanyakan kondisi dan apa-apa saja yang dilakukan putri-putri kami,” jelas Ny Anis yang terlihat cantik diusia yang sudah memasuki 56 tahun.

Pentingnya jalinan komunikasi telah diterapkan sejak menjalani bahtera rumah tangga selama 34 tahun. “kalau tak ada komunikasi bisa-biasa terjadi salah sangka dan pertengkaran,” tambahnya yang akan merayakan ulang tahun pernikahan tanggal 23 Agustus mendatang.
Ketika, suami sudah melangkah maju menjadi bakal calon Walikota Padang, ada kebiasaan yang sering dilakukan pasangan suami istri ini. Setiap selesai shalat subuh, kata Anis mereka berdua selalu ngobral dan tukar informasi. Bahkan sebelum shalat Shubuh–pukul 04.30 WIB mereka bangun dan saling “curhat”.

“Apa saja kita bicarakan. Saling berbagi pokoknya. Kadang-kadang kalau cucu sudah bangun ikutan juga. Bisa menghilangkan penat dan stres,” imbuh Ny Anis yang menyebutkan sang suami sangat menyukai makanan serba ikan.

Terakhir, katanya sebagai seorang perempuan dia berharap siapapun calon pemimpin Kota Padang harus bisa membawa pencerahan untuk kaum perempuan di Padang. Anis yang aktif dalam organisasi kewanitaan seperti PKK, Gerakan Organisasi Wanita (GOW), P2 TP2A yang mengurus persoalan kekerasan dalam rumah tangga ingin perempuan di Padang bisa maju dan membantu perekonomian keluarga. “Potensi perempuan di Padang sangat bagus. Tapi kurang didukung saja,” tandasnya. (***)

2 pemikiran pada “Kala Suami Maju Pilkada (2)

  1. Dukungan tulus seorang istri menentukan sukses tidaknya seorang suami

    Renimaldini-> Terkadang ketika sang suami sudah sukses dan segudang kesenangan di dapat, sang istri terlupakan dan diabaikan. Itu adalah kenyataan yang sering terjadi di tengah kehidupan sosial masyarakat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s