Dalca Penggugah Selera Berbuka Puasa


Pernah mendengar nama masakan Dalca. Sebuah nama masakan yang sedikit berbau-bau India. Makanan dengan bahan utama terung satu ini dapat dengan mudah ditemui ketika bulan puasa. Kenapa begitu? Pembuat makanan ini mengaku bahwa Dalca memang hanya dihadirkan khusus saat bulan suci Ramadhan.

Jika Anda belum tahu apa itu Dalca, tak ada salahnya berkunjung ke Pasar Pabukoan di pelataran parkir Imam Bonjol. Disana, ada sebuah stand bernama “Gulai dan Sate Kambing Masakan Ain”, dengan menu Dalca sebagai favorit para pengunjung.

Setiap, Ramadhan datang—Dalca menjadi menu favorit di rumah. Kebetulan, setiap pulang kantor (jika bisa cepat pulang) saya pasti singgah di Pasar Pabukoan Imam Bonjol. Entah kenapa, Dalca memang enak disantap saat berbuka. Dulu, Papa rutin membeli Dalca setiap pulang kantor. Berhubung Papa sudah meninggal, jadi saya yang yang harus membeli makanan satu itu.

“Tiap Ramadhan, Dalca ini menjadi menu favorit keluarga. Rasanya agak asam dan enak. Makanan ini memang khas, karena ditemui saat Ramadhan. Jika hari biasa sangat sulit mendapatkannya. Paling-paling hanya di pesta pernikahan,” kata Eko warga Asrama Ganting saat memesan Dalca di Pasar Pabukoan Imam Bonjol.

Dengan merogoh kocek sebesar Rp 5000, Dalca bisa dibawa pulang ke rumah untuk santap berbuka puasa bahkan ketika sahur. Para penyuka Dalca, mengaku bahwa rasa asam dari terung itu sangat enak dinikmati bersama nasi yang sedang panas-panas. Selain itu, Dalca ini juga tahan lama dan bisa dipanaskan ketika makan.

“Dalam satu hari bisa habis dua dandang (panci) ukuran besar. Saya juga tidak tahu kenapa dalca hanya ditemukan saat bulan puasa. Hari biasa makanan ini sulit ditemukan,” kata Fadil salah seorang pedagang gulai dan sate kambing masakan Ain.

Untuk membuat Dalca, selain bahan utama terung juga dibutuhkan tomat, asam belimbing tunjuk, cabe hijau. Dalca kemudian diolah bersama dengan beberapa bumbu, seperti gulai kambing. “Dari jauh, Dalca seperti gulai kambing,” kata Fadil yang juga menjual sate ayam, sate kambing dan gulai kambing. (*)

2 pemikiran pada “Dalca Penggugah Selera Berbuka Puasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s