3, 5, 4, 2 dan 1….


BESOK, Kamis (23/10) merupakan hari bersejarah bagi Kota Padang. Untuk pertama kalinya, warga Padang akan memilih calon kepala daerah menjadi pemimpin 5 tahun mendatang. Sekitar 539.660 pemilih akan menentukan pemimpin Kota Bingkuang ini. Sayangnya, tak semua warga dapat menggunakan hak pilihnya. Sejumlah warga diperkirakan terpaksa golput karena tak mendapatkan kartu pemilih.

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Badunsanak merupakan semboyan yang digaung-gaungkan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Padang dan juga seluruh calon pasangan. Pilkada langsung, tidak hanya akan dinantikan oleh lima pasangan calon, Drs H Ibrahim MM-Drs Murlis Muhammad (IMAM), Ir Mudrika-Dahnil Aswad (MUDA), Drs H Fauzi Bahar MSi-Mahyeldi Ansyarullah SP, Jasrial MPd-Drs Mukhlis Sani (JAMU) dan Drs H Yusman Kasim MM-Yul Akhyari Sastra SH (YUSRA), tapi juga oleh seluruh warga kota.

Siapa yang bakal dipilih? Apakah IMAM, pasangan nomor urut 1 dari independen, MUDA dengan nomor urut 2 yang juga dari calon independen. Atau duo incumben yang sama-sama maju dalam Pilkada 2008 ini, pasangan Fauzi Bahar-Mahyeldi Ansyarullah (nomor urut 3) dan pasangan YUSRA yang diusung oleh koalisi PPP dan PDIP. Dan pasangan JAMU yang diusung oleh PBB dan Partai Demokrat.

Setiap pasangan tentu berharap bahwa mereka bisa merebut hati para pemilihnya. Masa kampanye selama dua pekan, 6 sampai 19 Oktober lalu merupakan kesempatan seluruh pasangan calon mengumbar janji-janji manisnya. Apakah, warga tertarik dengan janji para pasangan, hasilnya tentu akan dinantikan besok setelah pukul 13.00 WIB.

Apapun hasil yang akan ditentukan dengan penghitungan secara manual, karena KPUD Kota Padang tidak menggunakan hasil perhitungan cepat (quick count ), warga tetap berharap bahwa Pilkada langsung ini tidak akan rusuh dan berlangsung aman, tertib serta damai.

Sehari menjelang pemilihan, seluruh pasangan komit untuk menyerahkan hasilnya kepada warga dan Allah. Namun yang jelas, mereka akan memberikan hak pilihnya di Tempat Pengutan Suara (TPS) dekat rumahnya. Tidak ada persiapan khusus yang dilakukan oleh petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di tempat para calon mencoblos.

Calon walikota Ir Mudrika yang memiliki nomor urut 2 ini mencoblos di TPS 6 Jati Baru Kecamatan Padang Timur. TPS ini bertempat di pelataran parkir Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar. “Tidak ada persiapan khusus. Seluruh anggota KKPS bersama anggota TPS mempersiapkan perlengkapan untuk pencoblosan. Akan disediakan kursi tunggu, meja. Tenda akan dipasang sore setelah kantor DKP tutup,” kata Ketua KPPS di TPS 9 Triyanto.

Di tempat Mudrika memilih ini, para petugas KPPS akan menggunakan kemeja putih dan celana gelap. Hal itu untuk memudahkan dan memberikan kerapian. Meski tidak ada pengaturan, kata Triyanto namun anggota KPPS yang berjumlah 7 tersebut menggunakan kemeja putih. Sekitar 312 terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan menggunakan hak suaranya, termaksud Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi SH MM dan keluarga.

Hal itu diakui Kasi Pemerintahan Kantor Lurah Jati Baru Murdiani. Selain calon walikota Ir Mudrika dan keluarga, Gamawan Fauzi bersama istri dan tiga anaknya juga akan milih di TPS 6 Jati Baru. “Dari daftar pemilih, gubernur juga memilih di TPS 9. Hingga sekarang kita belum tahu apakah gubernur akan datang. Jika gubernur ada tugas keluar daerah tentu dia tidak bisa datang. Tapi, yang jelas nama beliau bersama anak dan istrinya sudah terdaftar,” kata Murdiani yang juga anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Jati Baru.

Jika calon walikota Ir Mudrika cukup berjalan kaki ke TPS, lain lagi dengan incumbent Drs H Fauzi Bahar MSi dan Drs H Yusman Kasim MM. Duo incumbent yang kediamannya berlokasi di kawasan A Yani, kemungkinan akan menggunakan mobil menuju lokasi tempat pencoblosan.

Incumbent Fauzi Bahar akan mencoblos di TPS 8 Kampung Jao Kecamatan Padang Barat yang bertempat di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 3 Padang di Jalan Sudirman. Dengan jarak sekitar 200 meter dari rumah dinasnya di Ahmad Yani, kemungkinan calon walikota dengan nomor urut 3 ini menggunakan mobil Alpard BA 13 FB.

Begitu juga dengan calon walikota Drs H Yusman Kasim yang bertempat tinggal di Ahmad Yani. Yusman Kasim dan Ny Anis Yusman mencoblos di TPS 9 Olo Padang Barat berlokasi di pelataran parkir Damar Plaza. Pasangan dengan nomor urut 5 ini kemungkinan akan menggunakan mobil pribadinya.

Di TPS tempat calon mencoblos, mereka tidak terlalu berharap bahwa bisa meraup suara penuh. Hal itu disebabkan, pemilih sekarang sudah pintar. Dan tidak boleh ada paksaan. Seperti yang dilontarkan incumben Faui Bahar, dia menyebutkan,” tak kuatir tidak menang di TPS dekat rumahnya. Yang penting menang di kota.”

Begitu juga dengan Jasrial, yang mencoblos di TPS 8 Kelurahan Dadok Tunggua Hitam. Dosen UNP ini mengaku tidak bisa memaksakan pilihan warga yang tinggal dekat rumahnya. Apapun hasilnya itu adalah pilihan rakyat. Hal yang sama juga dikatakan Yusman Kasim. Wakil Walikota Padang ini menyebutkan, yang terpenting tidak ada kecurangan dalam PIlkada langsung ini.

Nah, sekarang siapa pilihan warga kota padang nan tacinto kini??? Mudah-mudahan tidak akan salah pilih dan tidak mudah tergoda dengan iming-iming uang… Meski suasana panas, karena banyak isu yang bersiliweran, yang terpenting kota saya yang tercinta ini aman…Tak ada pembakaran…lempar batu… bakar mobil, kantor kpu dll… 3, 5, 4, 2 dan 1… 4 Sehat 5 Sempurna begitu istilah yang beredar sekarang…(ren)

18 pemikiran pada “3, 5, 4, 2 dan 1….

  1. Gunakan hak pilih, krn itu hak kita selaku warga negara, hormati pilihan org lain krn itu juga hak mereka…hormati juga hak org yg gak milih hehehehe…selamat memilih

    Renimaldini-> Yah, bisa ja ni D’ Deddy…

  2. Tadi nyoblos di SMK 3 Padang, jadi rvi ikutan di sana juga ni. Karena di SMK 3, jadi……
    Ah itu kan rahasian ya ni. Pak wali awak tadi nyoblos pakai baju putiah ma ni. Katonyo dak kalau kalah dak ka gilo doh. “InsyaAllah, dzikir saya bisa melindungi dengan seizin Allah,” tu keceknyo jalang pai……

    Renimaldini-> Dak jadi do vi..alah manang mah…

  3. Semoga sukses Pilkada kali ini, mampu melahirkan pemimpin yang siddiq, amanah, fathanah dan tabliq,……. amiiin🙂

    Renimaldini-> Amin…Semoga yang sudah terpilih menetapi janjinya untuk rakyat…

  4. Salah hitung Ren..
    Waktu TK diajarkan dari nomor satu, dua, tiga, empat dan lima…He he he…

    Renimaldini-> he..he.. 1, 2, 3 yah..lariiiiiiiiiiiiii…

  5. klo 3+5+4+2+1 = 15 kn..???
    hehhehe….

    aqu gq tau tuh cpa yg bklan menang,coz aqu gOlput tuh di karenakan TPS na jauh bgt dr humZ aqu..
    jauh jg dr komplek humZ aqu..

    hehhehee

    Renimaldiniyah, jadi dirumu salah satu warga yang tak miolih..sayang dong…

  6. awak mandoakan dari jauh sajolah……bialah gaek macoblos di padang…..
    moga kota kita aman,lancar dan sejahtera.amin

    Renimaldini-> ondeh mandeh, urang awak kiro nyo..
    Amin juga…

  7. Btw, siapo yang menang ren? Gak rusuh kan??

    Renimaldini-> yah tidaklah..Meski banyak yang kecewa dengan kemenangan Drs H Fauzi Bahar MSi-Mahyeldi Ansyarullah SP Padang tetap aman. Tak ada pembakaran, pelemparan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s