Jika Gubernur, Kapolda, Kajati naik sepeda


Dengan terengah-engah, Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi SH MM, Ketua DPRD Sumbar Leonardy Harmainy, Kapolda Brigjend Wahyu Dainy, Kajati H Sution Usman Adji SH mengayuh sepeda, Kamis (9/4). Mereka memutuskan mengakhiri peninjauan di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Padang, di Gubernuran sekitar pukul 13.00. Terlihat semuanya mencari tempat yang cocok untuk bersandar dan istirahat.

Wajah memerah dan aliran keringat yang mengucur di muka para pejabat ini, tak bisa menutup rasa lelah mereka. Lihat saja, Ketua DPRD Leonardy Harmainy, yang berbusana kuning, langsung berselenjor di teras Gubernuran. Sementara, Kapolda dan Kajati langsung memilih kursi empuk di ruang tamu Gubernuran. Sedangkan, Gubernur langsung diberondong sejumlah wartawan untuk wawancara.

“Ide memantau TPS-TPS ini awalnya dari bincang-bindang dengan Pak Kajati. Kebetulan Kajati hobi naik sepeda. Jadi, tak ada salahnya saat hari pencontrengan, kita bersepeda untuk memantau,” kata Gubernur dengan nafas sedikit ngos-ngosan saat wawancara.

Sepanjang perjalanan, rombongan yang berjumlah sekitar 20 orang–13 sepeda gunung dan 2 sepeda ontel, terlihat santai. Tapi, sekali-kali terlihat terjadi saling dulu mendahului. Selain Gubernur, Kapolda, Kajati dan Ketua DPRD, rombongan juga diikuti Sekdaprov Sumbar Firdaus K, Walikota Padang Fauzi Bahar, Wawako Mahyeldi Ansyarullah, Kapoltabes Padang Kombes Boy Rafly Amar, Kepala Biro Pemerintahan, Kepala Kesbanglimas, sejumlah ajudan.

Jalur yang digunakan para pejabat ini dimulai dari Gubernuran. Selanjutnya, rombongan yang juga diikuti mobil ambulance dan rombongan wartawan dengan mobil Satpol PP mengambil jalan Ujun Gurun- Veteran dan menuju TPS 13 Kelurahan Purus. Di TPS tempat Menteri Perdagangan Fahmi Idris dan Wakil Ketua DPRD Padang Panji Alam nyontreng ini, Gubernur dan rombongan mengikuti proses pencontrengan oleh warga.

Sekitar 20 menit di TPS 13, perjalanan dilanjutkan menuju TPS 4 Belakang Pondok (Bioskop Karya). Teriknya matahari, cukup membuat para pejabat ini tak kuasa menahan panas. Untungnya, para ajudan mereka dengan sigap menyediakan air mineral.

Meski terlihat letih dan capek, namun ketika ditanya sejumlah wartawan apakah mereka letih atau tidak, dengan tegas mereka mengelak. “Tidak capek kok. Sudah biasa naik sepeda,” begitu kata Leonardy sambil menyekan keringat di wajahnya.

Malah, Leonardy yang bertarung sebagai Caleg DPRD Sumbar Dapil 4 (Padangpariaman, Pariaman, Agam, Bukiktinggi) ini menantang gubernur untuk bersepada setiap akhir pekan. “Jika Gubernur ngajak tanding sepeda tiap akhir pekan, saya siap kok. Tiap hari saya naik sepeda di belakang rumah, tapi, ‘gak jalan,” ujar Leonardy sambil tersenyum.

Tak mau kalah, Kapolda Brigjend Wahyu Dainy, mengatakan bahwa bersepada sudah menjadi rutinitasnya saat menjabat sebagai Kapolwil Pekalongan Jawa Tengah. “Waktu jadi Kapolwil, tiap hari Jumat saya ke kantor naik sepeda. Selain sehat, juga mengurangi polusi dan hemat BBM,” kata Kapolda.

Hal yang sama juga dikatakan Kajati Sution Usman Adji. Malah, Kajati sudah maju selangkah dengan membentuk klub pencinta sepeda di Padang. Tiap Sabtu, Kajati bersama puluhan anggota sepeda santai berkeliling Kota Padang. “Pekan lalu, saya bersama Walikota Padang ke Belimbing,” kata mantan Wakajati Jawa Barat ini.

Sementara, kegiatan bersepeda ini, dikatakan Gubernur akan disosialisasikan secepatnya di lingkungan Pemprov Sumbar. Apalagi, menjelang Tour d’Singkarak, kegiatan bersepeda cocok digeliatkan kembali. “Jika di lingkungan pegawai Kejaksaan Tinggi sudah ada kegiatan bersepeda, maka tak ada salahnya di Pemprov juga dilaksanakan.

Selain itu, untuk mendukung kegiatan bersepeda bagi warga Kota Padang, Kapolda meminta Kapoltabes untuk membuat jalur-jalur sepeda yang bisa digunakan pemakai sepeda. “Seperti di Cina, ratusan ribu warganya bersepeda. Jika ada rencana pemerintah untuk menggalakkan kegiatan bersepda untuk warganya, seharusnya didukung dengan rambu-rambu keselamatan, seperti jalur yang akan dilewati,” tandas Wahyu. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s